Misi SMA N 2 Gerokgak
- Membangun 7 kebiasaan anak Indonesia hebat
- Membekali pelajar dengan pengalaman lintas budaya baik nasional maupun internasional dan adaptif dengan perkembangan global
- Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi, minat, dan bakat peserta didik.
- Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran yang inovatif, efektif, kontekstual, menyenangkan, dan inklusi
Tujuan SMA N 2 Gerokgak
A Tujuan Jangka Panjang
- Persiapan Peserta Didik menjadi anggota masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia;
- Menghasilkan lulusan yang mencerminkan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila
- Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi
B Tujuan Jangka Menengah
-
- Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila dan 7 kebiasaan anak indonesia hebat.
- Tersusunya beban belajar bagi pelajar yang efektif dan bermakna bagi semua peserta didik.
- Terwujudnya peserta didik dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.
- Terwujudnya peserta didik dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial)
- Terwujudnya peserta didik untuk mendapat kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minatnya.
C Tujuan Jangka Pendek
- Terbentuknya karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila
- Terbentuknya karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila sebesar minimal 80%
- Terlaksananya pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan tatap muka atau kegiatan proyek sebesar minimal 80%.
- Melaksanakan penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila sebanya 100%.
- Mendorong peserta didik mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
- Proses belajar yang efektif dan bermakna
- Tersusunnya dokumen KOSP tahun 2025 yang bermakna bagi semua
- Keterlibatan peserta didik dalam proses belajar minimal 90%.
- Terkelolanya pembelajaran agar tingkat kepuasan peserta didik mencapai minimal 90%.
- Terlaksananya pembelajaran sesuai Rekomendasi Raport Pendidikan dan pengelolaan kinerja
- Keterampilan berfikir kreatif dan kritis
- Terintegarasinya project based learning pada 100% mata pelajaran.
- Terfasilitasinya peserta didik untuk menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project based learning.
- Tersusunya perangkat penilaian yang berisi minimal 25% soal bertipe HOTS.
- Terbekalinya peserta didik dengan keterampilan menjawab soal bertipe HOTS, minimal 70%.
- Meningkatnya Penguasaan Literasi dan Numerasi Pada pada raport pendidikan
-
- Literasi dari tahun 2024 di tahun 2025
a.1 Mahir : dari 62% menjadi 64%
a.2 Cakap : dari 24 % menajadi 28%
a.3 Dasar : 13 % menjadi 8%
a.4 Intervensi khusus : 0 %
-
-
- Numerasi dari tahun 2024 di tahun 2025
a.1 Mahir : dari 62 %tetap menjadi 62 %
a.2 Cakap : dari 29 % menjadi 32 %
a.3 Dasar : dari 9 % menjadi 6%
a.4 Intervensi khusus : 0 %
- Capaian Kompetensi pembelajaran.
- Terwujudnya peserta didik untuk mampu mencapai rata-rata nilai kualitatif
75 minimal
-
- Ketercapaiaan peserta didik mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran minimal 75.
- Tertanganinya peserta didik yang mengalami permasalahan pembelajaran dalam penguasaan kompetensi sesuai dengan mata pelajaran.
- Keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minat
-
- Terpetakannya pemilihan mata pelajaran berdasar bakat dan minatnya sekaligus persiapan siswa melanjutkan ke perguruan tinggi.
- Keikutsertaan peserta didik, minimal 1 ekstrakurikuler sesuai bakat dan minatnya.
- Keikutsertaan peserta didik, minimal 1 program life skill sesuai bakat dan minatnya dari 3 bidang vokasi (Guiding, Spa, dan FnB).
- Menyertakan peserta didik minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan nonakademik per tahun sesuai bakat dan minatnya