blabla

VISI MISI

VISI

VISI : “Berkepribadian Luhur, Cerdas dan Berwawasan Global”.

 

Elemen Visi SMA N 2 Gerokgak adalah terwujudnya:

  1. Insan yang berkepribadian luhur berdasarkan dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3)
  2. Insan yang berkarakter berdasarkan 7 kebiasaan anak Indonesia hebat
  3. Insan yang cerdas (sikap, psikomotor, dan intelegensi)
  4. Insan yang berdaya saing dalam bidang akademik dan non akademik
  5. Insan yang adaptif, bertoleransi, dan berkebhinekaan global

 

 

MISI

Misi SMA N 2 Gerokgak

  1. Membangun 7 kebiasaan anak Indonesia hebat
  2. Membekali pelajar dengan pengalaman lintas budaya baik nasional maupun internasional dan adaptif dengan perkembangan global
  3. Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi, minat, dan bakat peserta didik.
  4. Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran yang inovatif, efektif, kontekstual, menyenangkan, dan inklusi

 

Tujuan SMA N 2 Gerokgak

A    Tujuan Jangka Panjang

  1. Persiapan Peserta Didik menjadi anggota masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia;
  2. Menghasilkan lulusan yang mencerminkan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi

B    Tujuan Jangka Menengah

    1. Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila dan 7 kebiasaan anak indonesia hebat.
    2. Tersusunya  beban belajar bagi pelajar yang efektif dan bermakna bagi semua peserta didik.  
    3. Terwujudnya peserta didik dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.
    4. Terwujudnya peserta didik dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial)
    5. Terwujudnya peserta didik untuk mendapat kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minatnya.

C    Tujuan Jangka Pendek

  1. Terbentuknya karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila
    1. Terbentuknya karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila sebesar minimal 80%
    2. Terlaksananya pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan tatap muka atau kegiatan proyek sebesar minimal 80%.
    3. Melaksanakan penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila sebanya 100%.
    4. Mendorong peserta didik mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
  2. Proses belajar yang efektif dan bermakna
    1. Tersusunnya dokumen KOSP tahun 2025 yang bermakna bagi semua
    2. Keterlibatan peserta didik dalam proses belajar minimal 90%.
    3. Terkelolanya pembelajaran agar tingkat kepuasan peserta didik mencapai minimal 90%.
    4. Terlaksananya pembelajaran sesuai  Rekomendasi  Raport Pendidikan  dan pengelolaan kinerja
  3. Keterampilan berfikir kreatif dan kritis
    1. Terintegarasinya project based learning pada 100% mata pelajaran. 
    2. Terfasilitasinya peserta didik untuk menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project based learning.
    3. Tersusunya perangkat penilaian yang berisi minimal 25% soal bertipe HOTS.
    4. Terbekalinya peserta didik dengan keterampilan menjawab soal bertipe HOTS, minimal 70%.
  4. Meningkatnya Penguasaan Literasi dan Numerasi Pada pada raport pendidikan
      1. Literasi dari tahun 2024 di tahun 2025

a.1 Mahir : dari 62% menjadi 64%

a.2 Cakap : dari 24 % menajadi 28%

a.3 Dasar :  13 % menjadi 8%

a.4 Intervensi khusus : 0 %

      1. Numerasi dari tahun 2024 di tahun 2025

a.1 Mahir : dari 62 %tetap menjadi 62 %

a.2 Cakap : dari 29 % menjadi 32 %

a.3 Dasar :  dari 9 % menjadi 6%

a.4 Intervensi khusus : 0 %

  1. Capaian Kompetensi pembelajaran.
    1. Terwujudnya peserta didik untuk mampu mencapai rata-rata nilai kualitatif

75 minimal

    1. Ketercapaiaan peserta didik mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran minimal 75.
  1. Tertanganinya  peserta didik yang mengalami permasalahan pembelajaran dalam penguasaan kompetensi sesuai dengan mata pelajaran.
    1. Keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minat
    1. Terpetakannya pemilihan mata pelajaran berdasar bakat dan minatnya sekaligus persiapan siswa melanjutkan ke perguruan tinggi.
    2. Keikutsertaan peserta didik, minimal 1 ekstrakurikuler sesuai bakat dan minatnya.
    3. Keikutsertaan peserta didik, minimal 1 program life skill sesuai bakat dan minatnya dari 3 bidang vokasi (Guiding, Spa, dan FnB).
    4. Menyertakan peserta didik minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan nonakademik per tahun sesuai bakat dan minatnya